10/31/2022

Ini Dia Ciri-Ciri Ambeien yang Sudah Sembuh

Bagaimana sih ciri-ciri ambeien yang sudah sembuh? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali muncul utamanya di antara mereka yang mengalami masalah kesehatan ambeien. Penyakit ambeien cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Beberapa di antara para penderitanya merasa tidak masalah dengan penyakit tersebut, namun ada pula yang merasa terganggu. Terutama bagi mereka yang menderita ambeien cukup parah, sehingga setiap aktivitas seperti yang dilakukannya pun terasa terganggu.

Merujuk pada hal tersebut ambeien pun tentunya menjadi salah satu masalah kesehatan yang wajib untuk ditangani dengan serius. Pada dasarnya seseorang dapat mengetahui dirinya telah sembuh dari ambeien apabila gejala ambeien yang semula muncul dari penyakit tersebut perlahan mulai menghilang dan rasa sakit yang ditimbulkannya pun telah lenyap. Seperti halnya penjelasan di bagian bawah ini.

Tanda-Tanda Ambeien sudah Sembuh

  • Hilangnya rasa gatal serta nyeri.

    Pada penderita ambeien gatal serta nyeri sering kali muncul akibat kondisi dari anus yang tidak bersih, utamanya setelah melakukan aktivitas Buang Air Besar (BAB). Rasa gatal serta nyeri tersebut sering kali muncul sebagai pertanda awal yang tentunya wajib untuk diwaspadai. Namun ketika Anda telah sembuh, tentunya rasa gatal serta nyeri itu pun akan menghilang dengan sendirinya.

  • Darah atau lendir tidak lagi keluar

    Pada penderita ambeien, mereka seringkali mengeluarkan kotoran yang disertai dengan lendir atau bahkan darah. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa dirinya menderita ambeien atau disebabkan karena kondisi panas di dalam tubuh. Bagi Anda yang telah melakukan pengobatan dan tidak lagi mengeluarkan kotoran disertai dengan lendir atau darah, maka ciri-ciri ambeien yang sudah sembuh pun telah dapat Anda nikmati.

 

  • Tidak lagi ada darah segar yang menetes melalui dubur

    Selain proses BAB yang disertai dengan lendir serta darah, Anda yang mengalami keluarnya darah segar dari bagian dubur juga menjadi pertanda munculnya masalah kesehatan ambeien. Hal tersebut terjadi karena proses pembengkakan pembuluh darah pada bagian dubur atau anus. Akibat pembengkakan tersebut, darah segar pun umumnya keluar melalui bagian anus itu tadi, baik karena pecah atau luka akibat feses yang keras.

    Jenis gejala yang satu ini menjadi pertanda yang cukup berbahaya, karena apabila dibiarkan semakin lama ia akan menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Apabila gejala tersebut telah menghilang, dan tidak ada lagi darah segar yang keluar dari dubur atau anus Anda, maka ambeien yang Anda derita pun dapat dinyatakan telah sembuh.

  • Menghilangnya benjolan di bagian dubur

    Ambeien dikenal dengan munculnya benjolan di bagian dubur atau anus. Benjolan tersebut umumnya terasa lunak dan akan muncul apabila Anda melakukan aktivitas BAB atau bahkan ketika terdapat tekanan yang dihadapi oleh diri Anda, seperti ketika harus mengeluarkan kotoran dengan tekstur keras. Namun apabila benjolan atau tonjolan yang semula muncul sudah tidak Anda rasakan kembali dan bahkan tidak muncul kembali, maka dapat dipastikan bahwa ambeien Anda telah sembuh.

    Dengan menghilangnya beberapa gejala awal dari penyakit ambeien tersebut juga menjadi pertanda atau ciri-ciri ambeien yang sudah sembuh, kunjungi dokter untuk konsultasi lebih lengkap tentang masalah ambeien Anda.

 

Sumber:

  1. Caroline Sanchez and Bertram T. Chinn, ‘Hemorrhoids’ [2011], Clinics in Colon and Rectal Surgery, 24
  2. Danny Jacobs, ‘Hemorrhoids’ [2014], The New England Journal of Medicine, 371:30
  3. Stanford Health Care, Hemorrhoid Information and Treatment: Stanford University Section of Colon and Rectal Surgery.
  4. Southern Cross Medical Library, Haemorrhoids (Piles) – Symptoms and Treatment.

2024